MICROTECH


web widgets

Rabu, 28 Maret 2012

experiment for student

Dapat tugas dari dosen untuk buat experiment micro????jangan kuatir aku juga bisa bantu. Berikut adalah small project yg pernah dibuat. juga melayani bimbingan materinya.
1. Display Antrian
adalah sistem display yang terdiri dari 3 buah loket. masing2 loket memiliki 2digit 7segment dan satu buah push button. pada awalnya display menunjuk angka nol.jika salah satu push button di tekan, maka display pada loket yang push buttonnya ditekan akan menunjuk angka 1. kemudian dari loket yang berbeda push buttonnya di tekan, maka display pada loket yg ditekan akan menunjuk angka 2. jadi angka pada masing2 display akan menunjuk antrian. dan nomornya tidak mungkin sama pada masing2 loket

2. Menampilkan tulisan berjalan pada LCD
terlihat simple memang. but if simple is good, why not?. yeah modul cuma terdiri dari sebuah sistem minimum ditambah sebuah LCD 2x 16. setelah di program LCD akan menampilkan tulisan berjalan, berkedip2,berpindah atas bawah, atau bisa saja zig-zag, tergantung dari programernya.
3. LED controller
LED berjalan???ah sudah biasa. memang bukan barang aneh kalo lihat LED berjalan. dan jika menggunakan micro untuk mengontrol nyala LED programnyapun relatif mudah untuk kelas pemula. tapi disini qita gunakan IC 4094 sebagai shift register dan ULN 2003 sebagai drivernya. point yang dapat di perhitungkan adalah penggunaan IC tersebut. dimana 3 buah inputan IC (clock,data,dan strobe) mengontrol banyak LED. Programnya menjadi sedikit rumit. tapi jangan kuatir setelah di jelasin ntar jadi gampang kok.

simak videonya yaa....





4. Penunjuk arah
prinsipnya cuma lampu berjalan sebagai penunjuk arah IN dan OUT.








5.Counter Parkir
display parkir yang terdiri dri 2 digit 7 segmen, inputan berasal dari 2 buah fotodioda yang dianalogikan sebagai gerbang masuk dan keluar. display akan menunjukan angka 99 saat parkiran kosong. dan akan menunjukan angka tertentu yang menunjukan kapasitas parkir yang masih ada.

6. Simulasi nurse calling system
pada sismulasi ini dikondisikan ada 5 buah kamar pasien,masing2 kamar mempunyai tombol tekan, jika tombol di tekan maka display 7 segment akan menunjukan nomor kamar yang menekan tombol. aksi yang akan dilakukan perawat adalah setelah melihat display, perawat akan mendatangi kamar tersebut dan menekan tombolnya serta memberikan bantuan pada pasien.


7. Controll cooling fan berdasar suhu
si empunya pesen supaya dibuatin alat termometer digital untuk membaca suhu pada laptop, pada suhu tertentu saja fan akan menyala. gunaiin LM 35 sebagai sensor suhu.ADC 0804 dan AT 89s51.

 

 8. Motor speed control menggunakan IC 555
 mengatur kecepatan motor DC menggunakan IC 555 dan SCR sebagai driver



 9. Gerbang seleksi tinggi badan
menggunakan 2 buah sensor infrared dengan ketinggian yang berbeda



10. Simulasi pintu perlintasan kereta api




 penggerak portal menggunakan motor servo



 menggunakan 2 buah sensor infra red






11. Running Text LCD (menampilkan jadwal kuliah)
Pada prinsipnya sama dengan item no 2. tetapi text yang ditampilkan lebih banyak dan text berjalan pada baris 1 dan 2.

 12. Display Suhu dan counter hari dilengkapi dengan jam dan kalender digital pada sistem penetas telur
Kalo yang ini sudah termasuk kategori TA. menggunakan LM35 sebagai sensor suhu, berpenguat LM 358, ADC0804, RTC ds1307 sebagai acuan waktu dan AT89s51 sebagai kontroller. Pronsipnya hanya menampilkan suhu pada ruang tetas. tampilan suhu dibuat 1 angka dibelakang koma dengan ketelitian 0,2 derajat C per step ADCnya. di belakang tampilan suhu ada counter hari.yaitu counter yang menghitung proses penetasan dalam satuan hari. Pada tampilan baris 2 menunjukan tanggal,bulan,tahun,jam,menit,dan detik. Awalnya pemesan request sensor menggunakan PT 100. Namun setelah dicoba ternyata PT 100 mempunyai karakteristik respon yang lambat terhadap perbedaan suhu. Sehingga aku sarankan pake LM 35 aja. sebenarnya alat ini dipakai untuk secondary display pada sistem, sedangkan kontroller utamanya menggunakan PLC. Sehingga PLC juga mendapat inputan dari LM 35.

 13. Ph meter digital menggunakan Mikrokontroler display LCD
Yang ini juga sudah termasuk TA. alat ini juga digunakan sebagai secondary display sekaligus sebagai signal conditioning untuk inputan PLC. dikarenakan PLC tidak dapat membaca output dari sensor yang mengeluarkan tegangan dalam orde mikrovolt.
Awalnya ingin mencari sensor Ph yang stand alone namun karena harganya jauh lebih mahal maka dipilih menggunakan Ph meter celup digital yang harganya lebih murah. harganya sekitar 200rb bermerek ATC.
 Bedah alat dimulai. karena tujuannya hanya mengambil output dari sensor, maka alat harus dibedah. Awalnya sempat bingung karena ada 4 kabel dari sensor. sedangkan menurut referensi probe Ph hanya ada 2 kabel. etelah diusut ternyata benar probe Ph hanya 2 kabel. Sisa 2 kabel. kabel apa itu? ternnyata itu kabel sensor suhu.yup alat ternyata mempunyai 2 parameter yaitu Ph dan Suhu. hasil pembacaan di dasarkan pada 2 parameter ini.
 Kemudian dibuatlah rangkaian Pengkondisian sinyal. awalnya menggunakan 2 buah penguat. Penguat pertama adalah inverting dengan penguatan 100 kali sedangkan yang kedua hanya sebagai pembalik fasa saja (mengggunakan CA3140). Stelah dihubungkan ternyata keluar outputnya dan setelah dicoba di celupkan (sensornya) pada larutan yang berbeda. ada perbedaan output. Namun perjalanan tidaklah mulus.why? output sensor tegangannya tidak stabil naik turun. naik turun dengan jarak yang jauh. setalah dimasukan pada rangkaian ADC keluaran ADC tambah semrawut tak beraturan.
Sempat dibikin pusing selama berhari-hari. sambil mikir2 cari cara lain. sempat dicoba dengan menambahkan penyearah bridge dan sebuah elco pada output penguat dengan harapan outputnya bisa stabil. namun tetap saja tak berhasil. (tegangan catu penguat adalah plus minus 5 volt)karena di coba dengan 12 V outputnya menjadi lebih dari 12 Volt.
Setelah cari referensi lagi. akhirnya menemukan  artikel yang menggunakan LM358 sebagai penguat. Akhirnya aku coba. hasilnyapun sama saja.tetap tak stabil. kemudian aku coba tetap menggunakan LM 358 dengan sistem penguatan non inverting, penguatan 10x,catu tunggal 12 volt. yes!!!! akhirnya berhasil juga. tegangan output sangat stabil. ketika dimasukan pada ADC pun hasilnya bagus, konstan.





14. Konveyor penghitung barang
















5 komentar:

Anonim mengatakan...

keren mas

Anonim mengatakan...

ass..
gan bisa minta gambar rangkaian pH Meter nya dong.
tolong krmin ke email saya ya.
syarofinovahurian@ymail.com

makasih

syarofi mengatakan...

gan bisa minta gambar rangkaian pH Meter nya dong.
tolong krmin ke email saya ya.
syarofinovahurian@ymail.com

mufid mengatakan...

boleh minta rangkaian lm358 (ph meter)..
tolong kirimin ke email juga ya fahrudinmufid@yahoo.com

Unknown mengatakan...

minta bantuan buat yang pH meter itu yang data di inv dari resistor sma kabel yang satu itu aja?