MICROTECH


web widgets

Kamis, 07 November 2019

INDUCTION HEATER

          Pada postingan ini kami ingin membahas mengenai induction heater yang pernah kami buat pesanan dari mahasiswa di salah satu universitas terkemuka di semarang. Induction heater adalah system pemanas dengan menggunakan induksi medan magnet yang dihasilkan dari frekuensi tinggi/high frequency.
         Konsep mesin yang akan dibuat adalah membuat induction heater untuk memanaskan  beberapa jenis logam yang berbeda pada suhu tertentu, kemudian dilakukan proses quenching ( pendinginan mendadak) sehingga logam menjadi lebih keras.
        logam yang akan diproses berbentuk silinder berukuran diameter +- 30 mm dengan ketebalan 5cm. Berbagai macam jenis logam dengan ukuran yang sama akan di tata dalam hooper mesin kemudian saat tombol start ditekan, proses akan berjalan secara otomatis.

proses awal adalah percobaan membuat heaternya, diperlukan beberapa kali percobaan agar didapat hasil yang memuaskan, skema rangkaian pun berulang kali dimodifikasi. Targetnya adalah memanaskan logam sehingga mencapai suhu 800 derajat celcius, namun Tr finalnya harus menggunakan igbt disertai pengubah frekuensi kerja.






















Tidak ada komentar: